Widget HTML Atas

Cara Menanam Padi

Cara Menanam Padi yang baik dan benar harus diketahui oleh setiap petani untuk mencapai kesuksesan dalam bertani. Banyak sekali cara bertanam padi yang bisa anda lakukan tetapi pada hakikatnya sama yang terdiri atas 3 tahapan dalam menanam yang nantinya akan dibahas satu persatu dalam situs ini. Karena berbagai metode bertani yang dilakukan berbeda juga cara tanam yang diberikan. Adapun dalam tahapan ini bisa disebut dengan tahap persiapan lahan pertanian dan benih. Tahap penanaman dan tahap perawatan.

 Tahapan pertama adalah tahap persiapan lahan dan benih.


cara menanam padi
Tahapan ini adalah tahapan yang paling penting, karena anda tahu semua hal yang tidak didasari dengan tahap yang matang maka hasilnya kurang memuaskan. Sama seperti anda membangun gedung maka pada tahap pembuatan pondasi adalah tahap paling penting. Karena rumah sebagus dan seindah apapun akan cepat roboh jika pondasinya buruk, begitu juga saat anda bertani jika persiapan tanah dan benih yang anda lakukan buruk maka bisa dipastikan hasil panen juga akan buruk.
Hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan persiapan lahan adalah
  • Gunakan Pupuk organik yang mencukupi dan pastikan kondisi tanah tidak bantat dan keras.
  • Cek kadar keasaman tanah, semakin asam suatu tanah maka peluang untuk tumbuhnya tanaman akan semakin kecil. Atasilah dengan memberikan abu yang hitam atau arang yang bersifat basa untuk menetralkan asam
  • Periksa ekosistem tanah apakah sudah tersedia musuh alami untuk calon hama. Karena adanya hama bukan karena suatu hewan atau tumbuhan tetapi karena tidak adanya musuh alami dalam ekosistem sawahnya, contoh wereng. Akan jadi hama jika terlalu banyak wereng di sawah, tetapi akan membawa manfaat jika ada musuh alami wereng yang masih berada dalam ekosistem sawah. Hal ini perlu di ingat baik baik. Jangan pernah membunuh tikus dengan racun. Jangan pernah membunuh wereng dengan obat semprot kimia karena sudah pasti itu akan sangat merugikan lahan pertanian yang sudah anda rintis.
 Persiapkan bibit yang baik untuk pertanian anda. Karena dengan benah yang berkualitas maka akan sangat berpengaruh dengan hasil yang akan anda peroleh. Dalam menentukan cara memilih bibit yang baik akan di urai dalam pertemuan cara memilih bibit padi yang baik.

 Tahap penanaman dan Perawatan

Tahap penanaman padi ini adalah tahap fundamental yang perlu diperhatikan. Sama seperti anda memilihkan sekolah untuk anak anda. Karena dengan memilih sekolah yang baik untuk anak anda maka anda bisa menikmati hasilnya. Jika anda berhasil memilih sekolah yang tepat untuk anak anda maka hasil pendidikan pun bisa anda nikmati. Jika anda salah memilih metode menanam padi maka bisa dipastikan benih padi yang anda tanam tidak akan berkembang. Contoh ketika anda menaman padi menggunakan metode tanam padi haston maka tahap yang perlu anda perhatikan adalah pemupukan dan nutrisi untuk tanaman anda. Karena metode tanam haston tidak membutuhkan anakan dalam perkembangan produksi. Berbeda dengan metode tanam SRI yang lebih mementingkan anakan jika tidak diberikan ruang untuk anakan maka anakan padi juga tidak akan berkembang sehingga hasil panen kurang maksimal.

Untuk perawatan tanaman padi sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu membuang rumput yang menghambat pertumbuhan tanaman padi pada awal pertumbuhan dan menghancurkan hama seperti keong dan belalang dengan cara alami saja yaitu dengan menciptakan musuh alami belalang seperti laba-laba. dan cara menangani keong adalah dengan menerapkan metode pengaturan air. Semakin banyak air maka keong bisa naik ke atas dan akan memakan batang padi yang anda tanam.