Widget HTML Atas

Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Ditanam

Banyak jenis buah yang digemari penduduk Indonesia salah satunya adalah Jambu Air Deli. Mempunyai rasa manis seperti madu, dan enak dimakan kapan saja tanpa membuat perut sakit. Tanaman ini sering ditanam di sekitar kita yang ada di Indonesia. Teknik penanaman jambu air ini tidak sebatas membahas Jambu Air Deli saja, tetapi dapat juga untuk jambu air citra, jambu dalhari, jambu air king rose, jambu madu super green dan berbagai jambu air yang telah dikenal oleh masyarakat

{Awalnya bisa saja |Bisa saja dimulai dari berminat untuk membudidayakan jambu air untuk menghiasi tempat tidak terpai milik anda akibat terinspirasi dari tanaman jambu yang ditanam teman anda yang menghasilkan banyak buah walaupun pohonnya baru berusia setahunan atau tertarik postingan teman yang sukses memetik jambu air di pekarangan. Kemudian berikutnya sobat membeli bibit jambu air madu yang akan anda tanam di pot atau pekarangan rumah.

Budidaya jambu air nyatanya tidaklah semudah melihat seperti yang ditanam oleh orang lain. Butuh waktu, trial and error, ujicoba, gagal, mencoba lagi, berulang kali.

Diantara banyak hal yang membuat pertumbuhan tanaman jambu air.

Fakto penentu yang wajib dilihat agar tanaman jambu air bisa tumbuh dengan baik.

  1. Usia tanaman

  2. Tempat untuk tanam

  3. Perawatan

  4. Sinar matahari


Cara Penyiraman tanaman
Fertigasi tetes dapat dipakai untuk penyiraman tanaman secara otomatis. Selain irit air, irit tenaga, juga bisa di atur sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Pemupukan bisa dilakukan seminggu sekali memakai pupuk farmpion biru/yang lain seperti pupuk organik.
Sebaiknya buah jambu air madu dibungkus memakai bungkus buah heigrow.

Penyebab Bunga Jambu Rontok dan Cara Menanggulanginya.
Jambu Air akan sulit berbuah kalau kurang subur, walaupun dapat menghasilkan buah maka akan cepat rontok dan tidak bisa dipetik sempurna.

Cara Mengatasi Bakal buah Jambu yang Mudah Rontok
Usahakan supaya keadaan tanah/media tanam (lembab dengan becek/tergenang air itu beda).
Berikan pupuk yang dibutuhkan pada fase itu (sesuaikan dengan kondisi tanaman sedang berbunga atau berbuah).

Hal lain yang sama pentingnya, ketika tanaman jambu sobat selesai berbuah dan telah dipanen, jangan lantas dibiarkan tanamannya. Lakukan hal-hal berikut untuk hasil yang lebih menghasilkan dan bagus ketika periode panen selanjutnya.

Gemburkan tanah di sekitar pohon menggunakan garpu.
Taburkan pupuk NPK (16:16:16) 1/4-1/2 kg/pohon.
Beri pupuk kandang satu karung ukuran beras 25 kg.
Pangkas ranting agar tumbuh cabang yang lebih banyak.

Ciri Bibit Jambu Air Deli yang Baik
Pilihlah dari setek-an atau cangkokan
Memilih indukan dari stek atau cangkok kudu dipilih supaya kita tidak perlu menunggu terlalu lama agar tanaman Jambu Air sampai berbuah. Kalau sobat menanam Jambu Air Deli dari awal bisa jadi akan sangat menghabiskan waktu untuk ditunggu sampai tua.
Pilih indukan yang baik dan bebas penyakit
Bibit yang baik dan terbebas dari penyakit sangat menentukan hasil panen yang akan kita nikmati. Jika kita memiliki pohon dengan banyak penyakit maka berpotensi hasil tanaman akan tidak banyak.
Pilih bibit yang unggul dan berkualitas
Jika kita sudah memakai sistem cangkok sebagai pilihan, maka perlu memilih indukan yang pas terlebih dahulu. Karena sifatnya akan seperti dengan bibitjambu air yang kita budidayakan.