Widget HTML Atas

Cara Menanam Jambu Air Dengan Tepat Dan Benar

Jambu air termasuk varian buah yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Mempunyai rasa manis seperti madu, dan enak dinikmati kapan saja tanpa membuat perut sakit. Tanaman ini cocok ditanam di berbagai kebun yang ada di Indonesia. Teknik perawatan jambu air ini tidak sebatas membahas Jambu Air Deli saja, tetapi dapat juga untuk jambu air citra, jambu dalhari, jambu air king rose, jambu madu super green dan berbagai jambu air yang telah dikenal oleh masyarakat

{Awalnya bisa saja |Bisa saja dimulai dari memiliki keinginan untuk melestarikan jambu air untuk mengisi tempat kosong milik anda akibat tertarik tanaman jambu milik teman kamu yang menghasilkan banyak buah walaupun pohonnya baru berusia setahunan atau melihat postingan teman yang berhasil memetik jambu air di pot miliknya. Lantas berikutnya kamu membeli bibit jambu air madu untuk kemudian anda tanam di pot atau pekarangan rumah.

Budidaya jambu air pada kenyataannya tidaklah semudah menikmati seperti yang ditanam oleh orang lain. Butuh progres, trial and error, ujicoba, gagal, mencoba lagi, berulang kali.

Diantara banyak faktor yang membuat pertumbuhan tanaman jambu air.

Fakto penentu yang wajib diperhatikan agar tanaman jambu air dapat tumbuh dengan baik.

  1. Usia tanaman

  2. Tempat untuk tanam

  3. Pemupukan

  4. Sinar matahari


Cara Penyiraman tanaman
Fertigasi tetes dapat digunakan untuk penyiraman tanaman secara otomatis. Tak hanya irit air, hemat tenaga, juga dapat disesuaikan dengan perkembangan tanaman.

Pemupukan bisa dilakukan seminggu sekali memakai pupuk farmpion biru/yang lain misalnya pupuk organik.
Sebaiknya buah jambu air madu dibungkus memakai bungkus buah heigrow.

Penyebab Bunga Jambu Rontok dan Cara Menanggulanginya.
Jambu Air akan sulit berbuah jika kurang subur, walaupun bisa berbuah maka akan cepat rontok dan tidak dapat dinikmati sempurna.

Cara Mengatasi Bakal buah Jambu yang Mudah Rontok
Usahakan agar kondisi tanah/media tanam (lembab dengan becek/tergenang air itu beda).
Masukkan pupuk yang dibutuhkan pada tahapan itu (sesuaikan dengan kondisi tanaman sedang berbunga atau berbuah).

Poin penting yang tidak kalah pentingnya, ketika tanaman jambu kamu selesai berbuah dan sudah dipanen, jangan terus tidak dirawat tanamannya. Kerjakan hal-hal berikut untuk hasil yang lebih banyak dan bagus pada periode panen selanjutnya.

Dangir tanah di sekitar pohon memakai garpu.
Taburkan pupuk NPK (16:16:16) 1/4-1/2 kg/pohon.
Taburkan pupuk kandang satu karung ukuran beras 25 kg.
Bersihkan ranting agar pembentukan cabang yang lebih berkembang.

Ciri Bibit Jambu Air Deli yang Baik
Pilihlah dari setek-an atau cangkokan
Memakai indukan dari stek atau cangkok penting dilakukan supaya kawan tidak wajib menunggu terlalu lama untuk tanaman Jambu Air ketika berbuah. Jika sobat membudidayakan Jambu Air Deli dari biji bisa jadi akan sangat menghabiskan waktu untuk ditunggu sampai tua.
Pilih bibit yang baik dan bebas penyakit
Bibit yang tepat dan terbebas dari penyakit sangat mempengaruhi hasil panen yang akan kita nikmati. Jika kita memakai pohon dengan banyak penyakit jadinya menimbulkan hasil tanaman akan tidak banyak.
Pilih bibit yang unggul dan berkualitas
Kalau kita telah menggunakan sistem cangkok sebagai pilihan, maka wajib menentukan bibit yang pas terlebih dahulu. Karena sifatnya akan sama persis dengan indukanjambu air yang kita tanam.